Tuesday 26 March 2013

Budidaya Gurame

Gurame dikenal sebagai ikan yang lambat pertumbuhannya. Untuk membesarkan benih ukuran 2-3 cm sampai siap konsumsi konsumsi (500 g) diperlukan waktu sekitar 1,5 th. Wajar bila banyak yang enggan mengusahakannya. Kini hal itu bisa diatasi denagan menerapkan pola budidaya secara bertahap. Pemeliharaan  di kolam intensif selama 12-14 bulan Osphronemus gouramy itu mencapai bobot 500 g/ekor.


Dengan Segmemtasi, "Beternak gurame lebih cepat, setiap thap 3-4 bulan", dengan menebar berbagai ukuran untuk beberapa kolam. Kalau ada yang membutuhkan tinggal dipanen tidak perlu menunggu sampai ukuran konsumsi, utung yang diraih persegmen pun jelas. Misalnya, beni ukuran wadah korek (4-5 cm) dibeli seharga Rp 1.250/ekor. Jika ditebar 3000 benih di kolam seluas 100 m2, 3 bulan kemudiandipanen seukuran bukus rokok (10 cm) harganya bisa dua kali lipat. Dengan kematian 10% petani bisa mengantongi 3 juta rupiah termasuk biaya pakan dan tenaga kerja.

Pemeliharaan gurame di kolam intensif per segmen menghemat waktu 2-4 bulan. Dengan cara itu perputaran modal juga lebih cepat. Selain ukuran kolam budidaya tidak luas. Berikut ini adalah ukuran bibit gurame yang biasa ditebar oleh petani

 

No comments:

Post a Comment